Sabtu, 22 Februari 2014

Tug Masters, "Hindari Duduk Terlalu Lama Karena Mamatikan"..



     Tidak bisa dipungkiri profesi seorang Tug Master (TM) ASD Tug mengharuskan kita duduk berjam-jam ber-maneuver .Khususnya saudara kita TM dibawah bendera PSA Marine yang beroperasi di Singapura, tidak jarang dan banyak dari mereka menghabiskan waktu lebih dari sepuluh jam tanpa meninggalkan steering dalam sehari. Saya tidak membandingkan durasi waktu duduk TM dengan pekerja kantoran, mungkin waktu duduk mereka ataupun profesi lainnya jauh lebih banyak dibanding kita. Saya hanya membahas profesi sebagai TM lebih banyak dihabiskan di kursi panas dibandingkan sopir lainnya.

     Sibuknya pergerakan kapal di Singapura sebagai salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, menyebabkan Pandu dituntut cakap dalam mengatur efisiensi waktu berolah gerak ,mengemudikan keluar atau sandarnya kapal yang sering kita kenal dengan istilah chop-chop. Seperti salah seorang Pilot yang tidak jarang menginstruksikan assisting Tug untuk ”Full power right astern” ketika kapal masih melaju lebih dari 5 knots (semoga beliau diberi kesehatan). Hal sepertil ini otomatis berimbas pada Harbour Tug yg mengharuskan kita sebagai TM mengiklaskan waktu lebih banyak bercengkrama dengan Pandu  dari pada keluarga di tanah air.

     Diluar jam kerja banyak dari TM yang memiliki waktu istirahat yang tidak sedikit, tapi sedikit dari mereka yang memanfaatkannya untuk berolah raga. Melihat kebelakang dan dari pengalaman yang lalu ,lebih banyak TM yang memiliki masalah pada jantungnya dari pada Pandu. Mungkin hal ini beralasan dan menurut hemat saya, waktu duduk TM seimbang dengan waktu berdiri Pandu ketika ber-maneuver. Menghabiskan sebagian besar waktu dalam sehari untuk duduk ditengarai mampu meningkatkan risiko kematian. Bagaimana bisa? Berikut adalah alasan mengapa duduk sepanjang waktu bisa membunuh kita.

1. Mempengaruhi metabolisme Ketika duduk, aktivitas elektrik pada otot akan menurun dan tingkat pembakaran kalori pada tubuh juga berkurang hingga hanya satu kalori per menit. Setelah terlalu banyak duduk selama lima hari, kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan resistensi insulin akan meningkat. Dengan begitu, metabolisme tubuh Anda akan berantakan. Otot tak lagi efektif dalam menyerap lemak dan tingkat gula darah akan meningkat.

2. Menyebabkan berat badan bertambah Setelah dua minggu memiliki kebiasaan terlalu banyak duduk, otot pada tubuh akan mengalami atrofi atau penyusutan dan konsumsi oksigen pun menurun. Pada akhirnya, ini akan mempermudah penambahan berat badan. Parahnya, hal ini akan tetap terjadi meski Anda berolahraga setiap hari.

3. Meningkatkan kolesterol jahat Setelah setahun menjalani gaya hidup yang membuat kita terlalu banyak duduk, Anda kemungkinan akan merasakan peningkatan kolesterol jahat dan berat badan. Hanya dengan duduk lebih dari enam jam sehari saja wanita bisa kehilangan massa otot sebanyak satu persen dalam setahun.

4. Mempercepat kematian Semakin lama seseorang menghabiskan waktunya untuk duduk, semakin tinggi pula risiko kematian yang dimilikinya. Penelitian mengungkap bahwa menghabiskan lebih dari 11 jam untuk duduk dalam sehari meningkatkan risiko kematian hingga 40 persen dalam waktu tiga tahun jika dibandingkan dengan orang yang hanya duduk kurang dari empat jam.

5. Menyebabkan penyakit serius Selain hal-hal di atas, ada banyak penyakit serius yang bisa muncul ketika seseorang terlalu banyak duduk dalam sehari. Mulai dari sakit leher, punggung, otot kaku, keseimbangan yang buruk, hingga kelumpuhan. Terlalu lama duduk juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kematian.

     Itulah bagaimana kebiasaan terlalu banyak duduk dalam sehari bisa merusak tubuh kita. Untuk menghindari efek buruk di atas, lakukan olahraga lebih sering dan kurangi waktu duduk kita setiap hari. Sempatkan untuk berdiri dan berjalan-jalan di sela-sela waktu duduk atau ketika beristirahat agar tak terlalu lama duduk. Disamping duduk Saya melakukan manouver sambil berdiri walaupun memakan waktu berja-jam, begitu pula ketika bekerja menggunakan Komputer, Smoga informasi ini bermanfaat. Gret, Punta Europa Jetty ,Guinea Equatorial, West Africa.

“Dikutip dari berbagai sumber”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar